Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Manufaktur

Main Article Content

Erni Masdupi
Indah Permata Sari

Abstract

Setiap perusahaan mendapatkan sumber dana dari berbagai pihak, baik pihak internal maupun pihak eksternal. Begitu juga dengan perusahaan manufaktur, salah satu sumber dananya berasal dari investor. Dana yang diinvestasikan oleh investor tentunya tidak diberikan secara percuma. Melainkan investor bertujuan untuk memperoleh keuntungan berupa dividen atas dana yang telah diinvestasikan. Agar tujuan tersebut tercapai, investor perlu memperhatikan sejumlah variabel yang mempengaruhi besarkecilnya deviden. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh profitabilitas, leverage, likuiditas, pertumbuhan perusahaan, dan ukuran perusahaan terhadap kebijakan dividen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam periode 2013-2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI dalam periode 2013-2017 dan sampel dipilih berdasarkan metode purposive sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 220 perusahaan-tahun pengamatan. Data penelitian merupakan data sekunder yang diambil dari situs resmi Bursa Efek Indonesia (BEI). Penelitian ini menggunakan regresi berganda sebagai alat analisisnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya profitabilitas, leverage, likuiditas, dan ukuran perusahaan yang menentukan kebijakan dividen pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI selama periode 2013-2017. Sedangkan leverage, dan pertumbuhan perusahaan tidak memiliki pengaruh terhadap kebijakan dividen pada perusahaan manufaktur

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Masdupi, E., & Sari, I. (2020). Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Manufaktur. Jurnal Manajemen Stratejik Dan Simulasi Bisnis, 1(1), 1-20. https://doi.org/10.25077/mssb.1.1.1-20.2020
Section
Articles

References

Agrawal, A, Jayaraman, N. 1994. The dividend policies of all-equity films: a direct test of the free cash flow theory. Manag. Decis. Econ. 15 (2), 139–148.
Brigham, Eugene F. dan Joel F. Houston. 2006. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Edisi Kesepuluh. Jakarta: Salemba Empat.
Damayanti, Susana danFatchan Achyani. 2006.Analisis Pengaruh Investasi, Likuiditas, Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kebijakan Dividen Payout Ratio (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEJ). Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol. 5, No. 1, Hal. 51-62.
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Ketujuh. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Griffin, Carrol Howard. 2010. Liquidity and Dividend Policy: International Evidence. International Business Research Vol. 3, No. 3; July.