Pengembangan Keterampilan Wirausaha Perempuan dalam Mendukung Pariwisata Berkelanjutan di Pantai Lon Malang
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengembangkan keterampilan wirausaha perempuan dalam mendukung pariwisata berkelanjutan di Pantai Lon Malang, Sampang, Madura. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif melalui metode studi kasus, penelitian ini mengeksplorasi kondisi keterampilan manajemen, pemasaran, dan operasional wirausaha perempuan di kawasan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan di bidang-bidang tersebut sangat penting untuk memajukan pariwisata berkelanjutan dan meningkatkan kesejahteraan komunitas lokal. Program pelatihan yang dirancang mencakup berbagai aspek manajemen usaha, pemasaran digital, serta operasional harian yang ramah lingkungan. Evaluasi program menunjukkan bahwa pelatihan yang terstruktur dapat meningkatkan kapasitas wirausaha perempuan, sehingga berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi lokal dan pelestarian lingkungan. Penelitian ini merekomendasikan agar pemerintah dan lembaga terkait mendukung inisiatif ini melalui kebijakan dan program pelatihan yang berkelanjutan.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Al Mustaqim, D. (2023). Strategi Pengembangan Pariwisata Halal Sebagai Pendorong Ekonomi Berkelanjutan Berbasis Maqashid Syariah. AB-JOIEC: Al-Bahjah Journal of Islamic Economics, 1(1), 26-43.
Anshori, M. (2017). Analisis wirausaha terhadap keberhasilan bisnis suku Madura. Universitas Andalas.
Anshori, M. I., & Maksum, M. J. F. S. (2023). Evaluasi Work from Home di Era New Normal pada Pengusaha Wanita. Management and Education Journal, 1(2), 87-90.
Anshori, M. I., Prasetyo, A. S., & Kamil, A. (2023). HALAL TOURISM DEVELOPMENT STRATEGY FOR OPTIMIZING LOCAL REVENUE AND ECONOMIC GROWTH IN THE TOURISM SECTOR IN BANGKALAN REGENCY. Journal of Halal Product and Resarch (JHPR) Volume, 6(2).
Aprilia, T. U., & Idialis, A. R. (2023). Penerapan Community Based Tourism Dalam Pengelolaan Daya Tarik Wisata Pantai Lon Malang Kabupaten Sampang. Jurnal Destinasi Pariwisata, 10(2), 190-198.
Ardyansyah, F., & Nasrulloh, N. (2022). Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui Metode Analisis SOAR pada Pariwisata Syariah di Pulau Madura. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(3), 3783-3792.
Arisanty, D., Putro, H. P. N., & Anis, M. Z. A. (2018). Pemberdayaan Perempuan Pada Kawasan Wisata: Studi Pada Pasar Terapung Lok Baintan.
Asmoro, A. Y., Yusrizal, F., & Saputra, I. (2021). Pariwisata Berbasis Masyarakat di Desa Sekapuk: Sebuah Participatory Action Research. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 8(1), 30-47.
Auliya, A., & Par, M. (2024). Implementasi Smart Tourism City sebagai Upaya Mewujudkan Destinasi Wisata Berkelanjutan. TRANSFORMASI DAN INOVASI UNTUK PERTUMBUHAN EKONOMI BERKELANJUTAN DI BERBAGAI BIDANG, 31.
Bismala, L. (2016). Model manajemen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk meningkatkan efektivitas usaha kecil menengah. Jurnal Entrepreneur dan Entrepreneurship, 5(1), 19-26.
Chrismardani, Y., & Setiyarini, T. (2022, December). Pengembangan Wisata Halal Di Pantai Lon Malang Kabupaten Sampang. In Prosiding Seminar Nasional Manajemen (Vol. 7, No. 1).
Dahmiri, S. E., Sadzali, A. M., SS, M., Wahid, M., & IP, S. (2024). Pemberdayaan Suku Anak Dalam Berbasis Wisata Budaya. Penerbit Adab.
Dewi, N. (2021). Peran Perempuan dalam Pelestarian Budaya Lokal: Studi Kasus di Pantai Lon Malang. Jurnal Pariwisata, 15(2), 45-57.
Ditya, W. (2020). Strategi Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Melalui Ekowisata Guna Mendorong Kemandirian Ekonomi Masyarakat (Doctoral dissertation, Iain Purwokerto).
Djamaludin, D., Anwar, A., & Rukmana, O. (2016). Peningkatan kemampuan usaha kecil menengah di wilayah bandung raya dalam pemanfaaatan internet sebagai sarana pemasaran dan perluasan jangkauan pasar. ETHOS: Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 125-130.
Ellitan, L. (2002). Praktik-praktik pengelolaan sumber daya manusia dan keunggulan kompetitif berkelanjutan. Jurnal manajemen dan Kewirausahaan, 4(2), 65-76.
Fadhillah, P., & Yuniarti, A. (2023). Pemberdayaan UMKM: Melihat Peluang Bisnis UMKM di Era Digital di Desa Ujunge Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan, 2(1), 291-298.
Fadilla, A. R., & Wulandari, P. A. (2023). Literature review analisis data kualitatif: tahap pengumpulan data. Mitita Jurnal Penelitian, 1(3), 34-46.
Fattah, V. (2023). EKONOMI PARIWISATA: Teori, Model, Konsep dan Strategi Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan. Publica Indonesia Utama.
Fauzan, R., & Nashar, N. (2017). Mempertahankan Tradisi, melestarikan Budaya (kajian historis dan nilai budaya lokal kesenian terebang Gede di Kota Serang). Candrasangkala: Jurnal Pendidikan dan Sejarah, 3(1), 1-9.
Ferdinan, Y. (2015). Pengembangan wisata alam berbasis ekowisata dalam perspektif pelayanan publik (studi pada disparbud kabupaten nganjuk) (Doctoral dissertation, Brawijaya University).
Freddy Rangkuti, (2004), Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, PT. Graedia, Jakarta.
Gai, A. M., Ibnu, S., Setijawan, A., & Paru, M. A. (2023). PERENCANAAN PARIWISATA BERKELANJUTAN DALAM PENGEMBANGAN WILAYAH DAN KOTA.
Hadi, F., & Yuwanti, S. (2022). Strategi pengembangan tarian tradisional Zapin Bengkalis sebagai upaya peningkatan minat khusus daya tarik wisata dan budaya. Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata dan Perhotelan, 1(3), 271-276.
Hanif, H., Hidayat, T., & Haryadi, R. N. (2023). Pelatihan Keterampilan Manajemen Operasional bagi UMKM: Peningkatan Efisiensi dan Produktivitas. Jabdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 34-38.
Harahap, R. (2019). Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Budaya Lokal di Kawasan Wisata. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hermawan, A. R. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Ekonomi Kreatif dalam Meningkatkan Kemandirian Ekonomi di Desa Sungai Langka Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Hidayat, A. R., Alifah, N., & Rodiansjah, A. A. (2023). Kontribusi Digitalisasi Bisnis Dalam Menyokong Pemulihan Ekonomi dan Mengurangi Tingkat Pengangguran di Indonesia. Syntax Idea, 5(9), 1259-1269.
Indiworo, H. E. (2016). Peran perempuan dalam meningkatkan kinerja UMKM. EQUILIBRIA PENDIDIKAN: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 1(1), 40-58.
Isa Anshori, M. (2010). Analisis Wirausaha Terhadap Keberhasilan Bisnis Suku Madura. In Proceeding International Conference on Business and Economics (ICBE) (Vol. 1, No. 1). Politeknik Negeri Padang.
Isdarmanto, I. (2020). Strategi Branding Pengembangan Industri Pariwisata 4.0 melalui Kompetitif Multimedia di Era Digital. Journal of Tourism and Creativity, 4(1), 1-20.
Juwairiyah, I., Andrianto, M., & Syafitri, R. (2022). Peran Perempuan dalam Membangun UMKM di Kota Tanjungpinang. Jurnal Humaya: Jurnal Hukum, Humaniora, Masyarakat, Dan Budaya, 2(2), 150-160.
Lim, F. L., Chandrawati, N. E., Nugroho, R. N. S., & Hermawan, H. (2021, July). Meningkatkan Kualitas Pengalaman Wisatawan Dengan Pelayanan Kepemanduan Dan Penerapan Protokol Kesehatan Di Desa Wisata Nglanggeran–Studi Pendahuluan. In UNCLLE (Undergraduate Conference on Language, Literature, and Culture) (Vol. 1, No. 1).
Manthofi, A., & Aisyah, S. (2024). Pengaruh Sektor Pariwisata Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(4), 10214-10223.
Maqin, A. (2014). Pengaruh Kondisi infrastruktur terhadap pertumbuhan ekonomi di jawa barat. Trikonomika Journal, 10(1), 10-18.
Marfai, M. A. (2019). Pengantar etika lingkungan dan Kearifan lokal. Ugm Press.
Maulidiyah, I. A., & Fathor, A. S. (2024). Peran Media Sosial Dan Citra Destinasi Terhadap Kepuasan Wisatawan Melalui Keputusan Berkunjung Pada Desa Wisata Kabupaten Sampan. Jurnal Bina Manajemen, 12(2).
Nafisyah, A. F., & Nugraheni, N. (2024). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT LOKAL SEBAGAI KATALISATOR UNTUK MENCAPAI TUJUAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN. Journal of Administration Studies, 1(2), 86-93.
Nartin, S. E., Faturrahman, S. E., Ak, M., Deni, H. A., MM, C., Santoso, Y. H., ... & Eliyah, S. K. (2024). Metode penelitian kualitatif. Cendikia Mulia Mandiri.
Nisak, Z. (2013). Analisis SWOT untuk menentukan strategi kompetitif. Jurnal Ekbis, 9(2), 468-476.
Nurbasari, A., Aribowo, A., Budiningsih, T., Morgan, G., & Raihin, Y. O. (2024). Analisis Daya Tarik Wisata, Kualitas Pelayanan Dimediasi Kepuasan Wisatawan dan Keterlibatan Wisatawan, pada Minat Berkunjung Ulang (Pengembangan Wisata Berkelanjutan di Pulau Padar. Jurnal Sekretaris dan Administrasi Bisnis, 8(2), 164-179.
Nursanti, T. D., Haitamy, A. G., DN, D. A., Masdiantini, P. R., Waty, E., Boari, Y., & Judijanto, L. (2024). ENTREPRENEURSHIP: Strategi Dan Panduan Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Yang Efektif. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Pareta, K. (2013). Remote Sensing and GIS Based Site Suitability Analysis for Tourism Development. International Journal of Advanced Research in Engineering and Applied Sciences, 2 (5), 43–58.
Parmawati, R., Hardyansah, R., Pangestuti, E., & Hakim, L. (2022). Ekowisata: determinan pariwisata berkelanjutan untuk mendorong perekonomian masyarakat. Universitas Brawijaya Press.
Pusporini, P. (2020). Pengaruh Tingkat literasi keuangan terhadap pengelolaan keuangan pada pelaku UMKM Kecamatan Cinere, Depok. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(1), 58-69.
Putri, J. A., Mistriani, N., Octafian, R., Setyaningtyas, M., Hibatullah, G. H., & Hidayah, K. (2024). Pengaruh Partisipasi Masyarakat Dan Kearifan Lokal Terhadap Minat Berkunjung Di Desa Wisata Kandri Kota Semarang. NAWASENA: Jurnal Ilmiah Pariwisata, 3(1), 21-30.
Rangkuti Freddy. (2016). Teknik Membedah kasus Analisis SWOT. Gramedia Pustaka.
Richard L. Daft, (2010), Era Baru Manajemen, Edward Tanujaya, Edisi 9, Salemba Empat.
Rodiah, R., Hijrani, A., Nayla, F., & Vientiany, D. (2024). MANAJEMEN PEMASARAN DALAM ORGANISASI. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 2(6), 732-743.
Rodjinandari, Nanny., Supriadi, Bambang, (2016). KOMPETENSI PENDAMPINGAN PEMANDU WISATA LOKAL SEBAGAI DEVELOPERS OF PEOPLE. Program Diploma Kepariwisataan Universitas Merdeka Malang, Jurnal Pesona. Vol. 2 No. 01 Desember 2016.
Rofiq, M. R., & Prananta, R. (2021). Jenis-jenis objek ekowisata dan peran kelompok sadar wisata (pokdarwis) Nglanggeran dalam pengelolaan ekowisata di desa wisata Nglanggeran kabupaten Gunungkidul. Journal of Tourism and Creativity, 5(1), 14-27.
Romadhoni, B. R., Akhmad, A., Khalid, I., & Muhsin, A. (2022). Pemberdayaan Umkm Dalam Rangka Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Di Kabupaten Gowa. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 1074-1088.
Rusdiana, A. (2014). Manajemen operasi.
Saputra, R. A. V. W., Pramono, S. A., & Almunawwaroh, M. (2023). Melestarikan Lingkungan Kita: Mempromosikan Keberlanjutan, Melestarikan Sumber Daya, Melindungi Satwa Liar, dan Mendukung Inisiatif Hijau di Kawasan Kaki Gunung. Jurnal Pengabdian West Science, 2(05), 316-324.
Saputra, R. A. V. W., Pramono, S. A., & Almunawwaroh, M. (2023). Melestarikan Lingkungan Kita: Mempromosikan Keberlanjutan, Melestarikan Sumber Daya, Melindungi Satwa Liar, dan Mendukung Inisiatif Hijau di Kawasan Kaki Gunung. Jurnal Pengabdian West Science, 2(05), 316-324.
Satria, D. (2009). Strategi pengembangan ekowisata berbasis ekonomi lokal dalam rangka program pengentasan kemiskinan di wilayah Kabupaten Malang. Journal of Indonesian applied economics, 3(1).
Setiawan, H. (2012). pengaruh orientasi pasar, orientasi teknologi dan inovasi produk terhadap keunggulan bersaing usaha songket skala kecil di kota Palembang. Orasi Bisnis, 8(2), 156746.
Siregar, M. A. R. (2023). Peran Pertanian Organik Dalam Mewujudkan Keberlanjutan Lingkungan Dan Kesehatan Masyarakat.
Subekti, P., & Sjuchro, D. W. (2024). STRATEGI KOMUNIKASI DI PESISIR PANTAI WISATA PELUANG DAN TANTANGAN BAGI WIRAUSAHAWAN BARU. JURNAL SIGNAL, 11(1), 73-89.
Suharto, T. (2020). Peran Wirausaha Perempuan dalam Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan. Jurnal Pariwisata Indonesia, 15(2), 120-135.
Sulistyadi, Y., Eddyono, F., & Entas, D. (2021). Indikator perencanaan pengembangan pariwisata berkelanjutan. Anugrah Utama Raharja.
Supriadi, B. (2016). PENGEMBANGAN EKOWISATA PANTAI SEBAGAI DIVERSIFIKASI MATA PENCAHARIAN. Program Diploma Kepariwisataan Universitas Merdeka Malang. Vol. 18 ISSN : 1410 – 7252
Suryatmodjo, G., Umbas, C. A., Marini, V. M., Budiman, D. H., & Setyastanto, A. M. (2023). STRATEGI EKONOMI PEMBANGUNAN PARIWISATA DI WILAYAH MAYORITAS MUSLIM UNTUK PARIWISATA BERKELANJUTAN. Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam, 9(2), 264-277.
Syam, H. M., Rumyeni, R., & Samsudin, D. (2023). Konsep Strategi Branding Destinasi Bagi Industri Pariwisata Halal Dalam Menarik Wisatawan. Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 6(2), 143-152.
Taufiq, A., Anam, S., Hasbullah, H., Efendi, J., & Amar, S. S. (2023). Pelatihan Kewirausahaan untuk Peningkatan Pendapatan Kelompok Perempuan Usaha Mikro di Desa Larangan Luar Kabupaten Pamekasan. Jurnal Literasi Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 107-116.
Toyib, M., & Suryanto, S. (2024). Hubungan Fungsi Manajerial Terhadap Pengendalian Mutu Dalam Industri Wisata: Sebuah Telaah Literatur. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(3), 4890-4896.
Uhai, S., Mahmudin, T., & Dewi, I. C. (2024). PARIWISATA BERKELANJUTAN: Strategi Pengelolaan Destinasi Wisata Ramah Lingkungan Dan Menguntungkan.
Ulimas, R. V., & Rahayuningsih, E. S. (2024). Analisis Modal Sosial Terhadap Penerapan Sistem Jaminan Produk Halal (SJPH) pada Pelaku Usaha di Pantai Lon Malang. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(7), 5843-5860.
WASIDI, W. (2014). STRATEGI PENGEMBANGAN EKOWISATA KARST (STUDI KASUS PADA OBYEK WISATA AIR TERJUN SRI GETUK DI KABUPATEN GUNUNGKIDUL) (Doctoral dissertation, Uniniversitas Hasanuddin).
Zunaidi, A. (2024). Metodologi Pengabdian Kepada Masyarakat Pendekatan Praktis untuk Memberdayakan Komunitas.