Analisis Keputusan Konsumen Pada Ritel Dengan Positioning Lokal Di Kota Padang

Main Article Content

Dessy Kurnia Sari
Fadhilaturrahmi Fadhilaturrahmi

Abstract

Bisnis ritel dianggap sebagai bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan konsumen modern. Berbagai cara dilakukan bisnis ritel untuk dapat menarik minat konsumen. Penelitian ini mencoba melihat bagaimana proses pengambilan keputusan yang dilakukan konsumen pada suatu toko ritel. Lebih spesifik lagi, penelitian ini mempelajari bagaimana respon konsumen terhadap toko ritel yang mengedepankan unsur “lokal” untuk menarik minat konsumen. Suasana toko, keragaman produk, dan etnosentrisme konsumen adalah tiga variabel bebas yang dianggap berpengaruh pada keputusan pembelian sebagai variabel terikat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan survey pada 170 orang konsumen toko ritel lokal yang berada di kota Padang, Sumatera Barat yang diolah menggunakan SPSS software. Hasil temuan menunjukkan bahwa ternyata suasana toko tidak berpengaruh dalam keputusan konsumen memilih toko ritel dengan unsur kedaerahan. Di sisi lain, keragaman produk dan etnosentrisme konsumen ditemukan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen memilih toko ritel lokal dengan unsur kedaerahan tersebut. Temuan ini dapat menjadi pijakan bagi bagian pemasaran dalam merumuskan strategi pemasaran terutama untuk ritel berbasis lokal

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sari, D., & Fadhilaturrahmi, F. (2020). Analisis Keputusan Konsumen Pada Ritel Dengan Positioning Lokal Di Kota Padang. Jurnal Manajemen Stratejik Dan Simulasi Bisnis, 1(1), 21-48. https://doi.org/10.25077/mssb.1.1.21-48.2020
Section
Articles

References

Akdogen, M. S., Ozgener, S., Kaplan, M. & Coskun, A. (2012), The effect of consumer ethnocentrism and consumer animosity on the re-purchase intent : the moderating role of consumer loyalty, Emerging Markets Journal, Vol.2, pp.1-11.
Applebaum, B (1996), “Moral Paralysis and the Ethnocentric Fallacy,” Journal of Moral Education, 25 (2), 185–99.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Bamber et al. (2011). Product-Knowledge, Ethnocentrism and Purchase Intention: COO Study in India. Working Paper No. 112/2011. Benet-Martínez, Veronica, Fiona Lee, and Janxin Leu (2006), “Biculturalism and Cognitive Complexity: Expertise in Cultural Representations,” Journal of Cross-Cultural Psychology,37 (4), 386–407.

Botti, S. & Iyengar, S.S. (2006). The Dark Side of Choice: When Choice Impairs
Social Welfare. Journal of Public Policy & Marketing, 25(1), pp.24–38.