Pengaruh Reputasi Underwriter, Underpricing, Financial Leverage Dan Profitabilitas Terhadap Kinerja Initial Public Offering (IPO)

Main Article Content

Putri Amelia
Fajri Adrianto

Abstract

Pendanaan perusahaan dapat dilakukan dengan cara menjual saham di pasar modal. Perusahaan yang memilih untuk menjual sebagian kepemilikannya kepada masyarakat luas (go public) untuk pertama kalinya lebih dikenal dengan istilah Penawaran Umum Perdana atau Initial Public Offering (IPO). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh Reputasi Underwiter, Underpricing, Financial Leverage dan Profitabilitas terhadap kinerja saham IPO. Kinerja saham diukur dalam periode waktu 1 bulan (Y1), 3 bulan (Y2), 6 bulan (Y3), 12 bulan (Y4) untuk melihat return/ kinerja disetiap periode waktu yang telah ditetapkan peneliti. Populasi dalam penelitian ini adalah semua perusahan yang terdaftar di prospektus BEI tahun 2016-2018, teknik pengambilan sampel non probability sampling dengan metode purposive sampling dan didapatkan sampel 54 perusahaan yang sesuai dengan kriteria penelitian. Jenis penelitian kuantitatif, jenis data sekunder, dengan tipe investigasi korelasional. Data analisis diolah menggunakan aplikasi STATA versi 15. Berdasarkan hasil analisis reputasi underwriter dan profitabilitas berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kinerja saham perusahaan yang melakukan IPO di BEI, underpricing berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja saham perusahaan yang melakukan IPO di BEI, dan financial leverage berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja saham perusahaan yang melakukan IPO di BEI

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Amelia, P., & Adrianto, F. (2020). Pengaruh Reputasi Underwriter, Underpricing, Financial Leverage Dan Profitabilitas Terhadap Kinerja Initial Public Offering (IPO). Jurnal Manajemen Stratejik Dan Simulasi Bisnis, 1(1), 49-65. https://doi.org/10.25077/mssb.1.1.49-65.2020
Section
Articles

References

Abid, M. T., & Muharam, H. (2013). Abnormal Return Saham Pada Kinerja Jangka Panjang Penawaran Umum Perdana ( IPO ) ( Studi Kasus Pada Perusahaan Non Finansial Yang Go Public Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2006-2009 ), 10(2).
Adrian, G., Rahardja, M. A., & Huda, A. N. (2019). Pengaruh Besaran Initial Return Terhadap Performa Jangka Panjang Saham Perusahaan, 2(1), 1–26.
Afriyeni, & Marlius, D. (2006). Analisis Pengaruh Informasi Prospektus Perusahaan Terhadap Initial Return Saham Pada Pasar Perdana Di Bursa Efek Indonesia, (2006), 1–17.
Aini, S. N. (2013). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Underpricing Saham Pada Perusahaan Ipo Di Bei Periode 2007-2011, 1.
Alshiab, M. S. (2018). Initial Public Offerings Short And Long Term Performance Of MENA Countries, 14(10), 234–251.
Https://Doi.Org/10.19044/Esj.2018.V14n10p234
Alviani, D., & Lasmana, A. (2015). Analisis Rasio Keuangan Roa, Roe, Price Earning Ratio Terhadap Underpricing Saham Perdana. Studi Kasus: Perusahaan Yang Melakukan Ipo Di Bei Periode 2008 – 2011, 1, 1–8.
Andayani, N. S., Wiksuana, I. B., & Sedana, I. B. P. (2017). Pengaruhnya Terhadap Nilai Perusahaan Pt Garuda Indonesia ( Persero ) TBK, 3, 881–908.
Apriliasari, N. (2013). Perbedaan Kinerja Keuangan Jangka Pendek, Jangka Menengah, Dan Jangka Panjang Pada Perusahaan Yang Melakukan Ipo, 1–18.
Arman, A. (2011). Pengaruh Umur Dan Ukuran Perusahaan , Reputasi Underwriter , Dan Return On Equity Terhadap Tingkat Underpricing Saham Di Bursa Efek Indonesia, 107–120.