Analisis Intention Transaction Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis E-Commerce di Kota Padang

Main Article Content

Sepris Yonaldi
Ilham Agustin Darma

Abstract

UMKM yang ada di kota Padang kurang efektivitas dan efisiensi dalam proses penjulan yang disebabkan masih rendahnya penggunaan teknologi e-commerce. Selain itu kurangnya informasi bagi pelaku UMKM tentang pengaruh adopsi e-commerce dalam peningkatan daya saing dan kinerja untuk pengembangan UMKM yang lebih maju di masa yang akan datang. Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui pengaruh perceived of risk dan perceived enjoyment terhadapintention transaction pada umkm yang menggunakan e-commerce di kota padang, untuk mengetahui pengaruh perceived of risk melalui perceived enjoyment terhadap intention transaction, dan untuk mngetahui pengaruh perceived enjoyment melalui perceived of risk terhadap intention transaction. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan explanatory. Survey ke lapangan juga dilakukan untuk mendapatkan data primer dari UMKM yang berada di kota Padang yang sudah menggunakan e-commerce untuk menjalankan bisnisnya. Hasil peneitian ini adalah: a) Variabel perceived of risk, tidak berpengaruh terhadap intention transaction pada UMKM berbasis e-commerce di kota Padang, b) Variabel perceived enjoyment tidak berpengaruh terhadap intention transaction pada UMKM berbasis e-commerce di kota Padang, c) Variabel perceived of risk melalui perceived enjoyment terhadap intention transaction tidak berpengaruh signifikan terhadap intention transaction, d) Variabel perceived enjoyment melalui perceivd of risk terhadap intention transaction tidak berpengaruh signifikan terhadap intention transaction.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Yonaldi, S., & Darma, I. (2020). Analisis Intention Transaction Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis E-Commerce di Kota Padang. Jurnal Manajemen Stratejik Dan Simulasi Bisnis, 1(2), 44-52. https://doi.org/10.25077/mssb.1.2.44-52.2020
Section
Articles

References

[APJII]Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesi. 2017. Hasil Survei Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2017.

Kotler, Phillip, Amstrong G. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Lui, H.K., Jamieson, R. 2003. “TRiTAM: A Model for Integrating Trust and Risk Perceptions in Business to Consumer E-commerce”. 16th Bled E-commerceConference Transformation Bled. Slovenia, June : 349-364.

McLeod, R. dan Schell, Jr., G. P. 2008.Management Information System, Edisi 10, Jakarta: Salemba Empat. Penelitian BPS tahun. 2012. Tentang Penyerapan Tenaga Kerja Oleh UKM

Ratnaya, IG. 2011. “Dampak Negatif Perkembangan Teknologi Informatika dan Komunikasi dan Cara Antisipasinya”. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan 8 (1): 17-28

Yonaldi, S dan Hafrizal O. A. P, M. Fauzan. 2018. E-Commerce Use on Micro, Small and Medium Enterprises (Case study: SMEs at Padang City of Indonesia). Padang: Universitas Tamansiswa Padang.

Yonaldi, Sepris. 2018. Kewirausahaan Bagi Industri Kecil Menengah Di Kota Padang Dalam Rangka Peningkatan Kemampuan Manajemen Dan Perluasan Pasar. Padang: Universitas Tamansiswa Padang.

Yonaldi, Sepris. 2018. Kewirausahaan, Menumbuhkembangkan UMKM di Era Digital. Padang: PT. Brain Insight Indonesia (BRIGHT)